twitter
    Bola ayo..Futsal Ayo..(>̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡)

counter amaizng :

paste html code


Selasa, 27 Oktober 2009

Tugas 5





Kecurangan-Kecurangan dalam Dunia IT, Apa yah Dampaknya ?

Semakin berkembangnya teknologi informasi didunia ini, telah membuat banyak kemudahan untuk kita mengakses sebuah informasi, bahkan melakukan transaksi pembayaran, pembelian, bahkan transfer data dalam jumlah besar. Berkembangannya Teknologi Informasi yang ada membawa dampak buruk bagi pengguna yang salah menggunakan teknologi Informasi yang ada, bahkan tindakan yang dilakukan dapat merugikan dan berdampak besar. Dampak yang sering terjadi terjadi pada dunia Maya, yaitu pada internet khususnya berbasiskan Website dan Email. Berdasarkan tinjauan yang ada, saya menemukan beberapa kecurangan yang terjadi di dunia IT.
1. Cracking
Kegiatan menerobos program komputer milik orang lain dengan tujuan jahat. Contoh yang biasa dilakukan cracker adalah menyadap data sensitif orang lain untuk keuntungan diri sendiri, misal data account bank. Data yang seharusnya pribadi akan sangat berbahaya bila jatuh ke tangan orang yang salah.
Ciri-ciri target yang berhasil dibobol cracker :
• Penggunakan bisa mengakses, bisa masuk ke jaringan tanpa nama dan password
• Bisa mengakses, merusak, mengubah data
• Bisa mengambil alih kendali sistem
• Sistem hang, gagal bekerja, reboot atu sistem berada dalam kondisi tidak dapat dioperasikan
2. Phising
Teknik mengelabui pengguna dengan berbasiskan Website, dimana pernah terjadi Website Bank BCA. Dimana sang pelaku membuat Website yang mirip dengan Website aslinya dan dengan fitur-fitur yang sama dengan Website aslinya serta menggunakan alamat website yang mirip namun berbeda. Dengan begitu orang yang akan bertransaksi di Website baru itu akan tertipu dan biasanya hasil dari transaksi itu masuk ke dalam rekening orang yang salah. Sampai disuatu saat pengguna Website ini menyadari bahwa uang yang dia transfer / ditransaksikan tidak sampai pada rekening tujuan.
3. Hacking
Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki/menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan (hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia. Namun begitu, ada juga yang melakukan hanya karena merasa tertantang untuk mencoba keahliannya menembus suatu sistem yang memiliki tingkat proteksi tinggi. Kejahatan ini semakin marak dengan berkembangnya teknologi internet/intranet.
4. Illegal Contents
Merupakan kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum. Sebagai contohnya adalah pemuatan suatu berita bohong atau fitnah yang akan menghancurkan martabat atau harga diri pihak lain, hal-hal yang berhubungan dengan pornografi atau pemuatan suatu informasi yang merupakan rahasia negara, agitasi dan propaganda untuk melawan pemerintahan yang sah, dan sebagainya.
5. Data Forgery
Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi “salah ketik” yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.
6. Cyber Espionage
Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data-data pentingnya tersimpan dalam suatu sistem yang computerized.
7. Spyware
Spyware dan Adware adalah suatu program (software) yang sengaja dibuat dan disebarluaskan oleh para produsen pembuatnya di internet agar mereka bisa mengintai semua aktifitas orang lain di internet, khususnya pada saat mereka sedang melakukan browsing. Biasanya spyware otomatis terinstall (terpasang) di komputer kita secara otomatis akibat kita mendownload software tertentu atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs.
Beberapa gejala umum yang bisa dirasakan oleh pengguna computer apabila spyware beraksi yaitu :
1. Kinerja Computer akan terasa lambat, terutama setelah terhubung dengan internet.
2. Browser terkadang atau seringkali macet ( hang / crash ) pada saat akan membuka halaman web tertentu.
3. Alamat situs yang sudah di-set secara default sering berubah
4. Terkadang browser terbuka dengan sendirinya secara massal dan langsung mengakses situs tertentu
8. SPAM
SPAM atau junk mail, adalah surat-surat dalam bentuk Email ,Instant Messaging, Usenet, newsgroup, blog, dll yang masuk pada inbox, kadang terdapat surat yang tidak kenali asalnya dan bukan termasuk salah satu dari sekian banyak nama pada daftar kontak.
Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan mailing list untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak fihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (penyelenggara layanan Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman.
Tujuan mengirim spam diantaranya adalah
• Media publikasi dan promosi
• Media pishing untuk menggaet si penerima spam.
• Media penyebaran virus & worm.
Dampak dari spam adalah
• Waktu terbuang untuk mengidentifikasi dan membuang e-mail sampah ini
• Harddisk menjadi penuh karna isi spam (sampah) yg tak terpakai
• Biaya koneksi ke ISP membengkak akibat SPAM.
• Virus - Trojan menyusup dalam e-mail SPAM bs mnjadi mslah yg besar.
9. Carding
Carding merupakan kejahatan yang dilakukan untuk mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dan digunakan dalam transaksi perdagangan di internet.
10. Hijacking
Hijacking merupakan kejahatan melakukan pembajakan hasil karya orang lain. Yang paling sering terjadi adalah Software Piracy (pembajakan perangkat lunak).
11. Penyebaran virus secara sengaja
Penyebaran virus pada umumnya dilakukan dengan menggunakan email. Sering kali orang yang sistem emailnya terkena virus tidak menyadari hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui emailnya.
Begitu banyaknya bentuk pelanggaran\kecurangan-kecurangan dalam dunia IT yang terjadi seharusnya kita sebagai masyarakat pengguna Teknologi Informasi, maupun sebagai professional teknologi informasi harus lebih tanggap tentang masalah ini, dan pemerintah juga harus menindak tegas pelaku kecurangan-kecurangan dalam Teknologi Informasi ini. Dan jangan masuk ke situs-situs yang tidak terpecaya, dan jangan memberikan data pribadi kita dengan sembarangan, dan jaga komputer anda dengan anti virus dan firewall yang kuat dan megupdate anti virus yang ada dan juga melakukan patch kepada software-software yang terinstall.
Sekarang Bagaimana Dengan Anda, Menurut Anda apa lagi bentuk-bentuk kecurangan dalam IT dan bagaimana sebaiknya kita sebagai pengguna teknologi informasi ataupun sebagai professional di bidang IT ????

0 komentar:

Posting Komentar

News (goal.com)

Goal.com Live Scores

Italy Serie A Table